6 Strategi Marketing Online Jitu yang Wajib Dimiliki Setiap Bisnis

 

Strategi marketing online menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak perusahaan yang ingin berkembang di masa kini. Teknologi yang terus mengalami pergerakan ke arah yang lebih maju, membuat semua lini harus turut bergerak jika tidak ingin stagnan.

Banyaknya pengguna internet membuat cara membangun brand dan mempromosikannya berubah. Strategi digital marketing dinilai cukup efektif untuk menjangkau pasar secara lebih luas dan tepat sasaran ketimbang cara konvensional.

Apakah Anda seorang pengusaha atau masih memulai mengembangkan bisnis? Jika iya, yuk segera mulai untuk memperhatikan peluang ini. Jangan sampai menunda dan membuat Anda malah mengeluarkan dana yang sia-sia.

Mengenal Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau bisa disebut dengan digital marketing merupakan metode atau strategi yang bisa digunakan untuk melakukan promosi melalui media digital atau internet.

Konsep digital marketing saat ini banyak perusahaan gunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau brand. Tujuan utama dari digital marketing sendiri adalah menarik konsumen atau target market dengan lebih tepat sesuai sasaran.

Mengingat saat ini jumlah pengguna internet sudah banyak sekali dan hampir seluruh dunia memakainya. Sehingga dengan melakukan pemasaran digital akan jauh lebih menjangkau sasaran ketimbang memakai metode konvensional.

Apalagi metode pemasaran digital tersebut bisa membantu untuk memfilter target market. Sehingga tidak banyak membuat sia-sia saat membuat iklan promosi. Tren digital marketing yang semakin banyak peminatnya membuat para perusahaan bersaing untuk membuat konten menarik, sehingga dalam tampilan pemasaranya di dunia maya bisa membuat target pasar tertarik. 

6 Strategi Marketing Online Jitu untuk Bisnis Anda

Proses penerapan strategi marketing online berikut ini bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis dengan tepat.

1. Personal Branding

Bangun personal branding untuk produk dan perusahaan Anda. Proses branding akan membantu untuk meningkatkan citra pribadi perusahaan ataupun produk. Selain itu, personal branding juga akan membantu meningkatkan koneksi lebih kuat.

Misalnya ketika melakukan kerja sama bisnis, maka mitra akan lebih mempercayai kredibilitas perusahaan. Nah, tentu ini akan membantu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis.

Teknologi Augmented Reality (AR) dapat menjadi tools untuk mendongkrak personal branding Anda dengan memberikan kesan "WOW", khususnya apabila dikombinasikan dengan kartu nama yang menjadi penghubung antara Anda dengan klien atau mitra Anda, seperti contohnya yang pernah kami buat untuk PT. Tiara Buana Mandiri (TBM) di bawah ini.


2. Konten Marketing

Keberhasilan dari konten marketing terletak pada penyusunan strategi yang tepat. Apakah konten Anda dapat menarik dan bisa memberikan bantuan kepada target pasar atau tidak.

Anda bisa menggunakan konten sebagai suatu upaya membantu para target pasar bisa menyelesaikan masalahnya, dan berbagai bantuan yang dikombinasikan. Sehingga akan terlihat profesional dan menarik.

3. Melakukan Optimasi pada Search Engine

Proses SEO akan membantu membuat situs perusahaan bisa terlihat pada mesin pencarian internet. Sehingga akan memperoleh banyak sekali lalu lintas ketika seseorang hendak melakukan pencarian produk.

Proses optimasi untuk membuat situs bisa berada di posisi pencarian organik salah satunya berasal dari struktur teknis dan bagaimana strategi pengembangan kontennya.

SEO adalah investasi marketing yang berdampak bagus dan jangka panjang untuk perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik.

4. Conversion Optimization

Bukan hanya sampai pada target pasar melihat iklan saja, melainkan aksi setelahnya. Conversion optimization akan membantu mendapatkan nilai tambah dari para pengunjung. Caranya dengan meningkatkan fungsi konversi yang ada.

5. Social Media Marketing

Suatu peluang yang cukup potensial ketika memelihara para target pasar yang ada di media sosial. Mengingat saat ini ada banyak sekali pengguna media sosial dan bahkan hampir semua pengguna internet memilikinya.

Membangun konten di media sosial juga membantu melakukan marketing yang bagus untuk suatu produk atau brand. Membangun reputasi yang lebih besar dan bisa menangkap peluang masuknya pasar lebih banyak.

Salah satu yang sedang trend dan terbukti efektif saat ini adalah social media marketing dengan menggunakan jasa filter instagram, karena dapat menarik audiens untuk berinteraksi dengan konten IG filter yang dirancang khusus untuk brand Anda, dan secara suka rela menyebarkannya ke teman atau follower mereka.

6. Email Marketing

Pemasaran email membuka peluang yang luar biasa, pasalnya hampir tidak ada biaya untuk melakukannya. Pebisnis bisa mengumpulkan para target pasar, para pengikut media sosial, hingga potensi mendorong lalu lintas berulang ke situs web perusahaan.

Dalam melaksanakan strategi marketing online, tidak bisa hanya memilih salah satu saja jika ingin maksimal. Semua strategi tersebut akan bekerja sama untuk membangun bisnis dan meningkatkan penjualan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Cara Kerja AR, Jenis-jenis dan Contohnya

4 Manfaat Augmented Reality dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan

Augmented Reality Trend, Siap Mendorong Inovasi di Tahun 2022