Virtual Reality Indonesia Hadirkan Ekosistem Metaverse di Nusantara

 

Menawarkan pengalaman Internet setingkat lebih tinggi, Metaverse sedang digodok menjadi teknik kampanye digital yang jauh lebih imersif. Tercapainya tujuan tersebut akan sangat bergantung pada virtual reality Indonesia yang sudah terlebih dahulu lahir sebagai penyedia jasa teknologi imersif di Nusantara.

Virtual reality Indonesia kini telah bertransformasi menjadi medium mewujudkan dunia Metaverse baik untuk pribadi maupun entitas bisnis. Mengusung konsep besar “dunia virtual yang benar-benar berbeda”, Metaverse dan virtual reality akan menjembatani apapun imajinasi penggunanya menjadi kenyataan.


Tren Metaverse dan Virtual Reality Indonesia

Untuk artikel kali ini, fokus akan lebih ditujukan manfaat Metaverse untuk dunia bisnis. Terdapat empat tren yang diprediksi akan populer dalam pengembangan Metaverse di Nusantara.

1. “WebMe”

Yang pertama adalah “WebMe” dimana Metaverse di Indonesia akan menuju ke lingkungan tiga dimensi. Saat diterapkan nantinya, pengguna dapat berpindah tempat, seperti berjalan dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya. Tentunya, pengguna dapat merasakan keseruan mobilitas ke tempat yang disukai tanpa perlu berpindah tempat secara fisik.

2. “Programmable World”

Berpindah tempat dan berinteraksi sesama pengguna terkadang tidaklah cukup. Tren Metaverse selanjutnya akan mengarah ke sesuatu yang lebih mendalam. Definisi berbagai benda di dalam dunia Metaverse akan berubah, salah satunya berkat dukungan teknologi virtual reality Indonesia. Terciptanya segala kemungkinan membuat pengguna terpacu untuk mendefinisikan ulang apa yang selama ini diyakini di dunia nyata.

3. “The Unreal”

Dunia Metaverse akan menciptakan yang nyata dari yang sebelumnya terasa mustahil. Segala kemudahan dan sensasi “nyata” tersebut akan hadir dengan teknologi virtual reality Indonesia yang mendobrak batas pemutus kenyataan dan mimpi. Lalu, bagaimana contoh penerapannya untuk dunia bisnis?

Jika Anda pengusaha, contoh penerapan Metaverse yakni saat proses authentifikasi nasabah. Dibantu oleh teknologi kecerdasan buatan, identitas nasabah akan dapat dipastikan sehingga pihak bank (Anda) bisa secara langsung memastikan bahwa yang diverifikasi adalah memang benar calon nasabah Anda.

4. “Computing the Impossible”

Diterjemahkan sebagai “Menghitung yang Tidak Mungkin,” tren ke-4 ini mengarah pada stimulasi munculnya mesin baru untuk berbagai lintas sektor usaha. Melalui optimalisasi penggunaan komputer, seluruh jenis usaha akan sanggup memperlebar cakupan pekerjaan yang selama ini sudah dilakukan.

Ke-4 tren tersebut akan membentuk suatu ekosistem yang memungkinkan terciptanya berbagai peluang bisnis atau kreativitas pada level individual atau organisasi.

Selain virtual teknologi dan kecerdasan buatan, nantinya Metaverse akan memakai mata uang digital untuk bertransaksi, seperti jual beli tanah. Dengan adanya lingkungan Metaverse yang baru, pengguna dapat membuat kebiasaan baru. Bagi kreator, adanya Non Fungible Token atau NFT, yang merujuk pada aset digital milik seseorang yang unik yang tidak dapat ditukarkan dengan karya NFT lainnya.

Cara Memilih Perusahaan Metaverse di Indonesia

Teknologi Metaverse di Nusantara tergolong baru namun berkembang secara cepat. Mempelajari portofolio perusahaan Metaverse yang akan dipilih sangatlah penting agar dunia Metaverse nantinya memang mencapai target yang ditetapkan. Berikut tips untuk memilih perusahaan Metaverse untuk peningkatan strategi kampanye pemasaran di masa depan:


1. Berpengalaman di Dunia Augmented Reality dan Virtual Reality

Perusahaan yang berpengalaman dalam AR dan VR akan lebih komprehensif dalam memberikan ide kreatif terkait konten Metaverse yang diinginkan. Bekal konten dalam proyek sebelumnya menjadi kunci mengisi konten Metaverse yang variatif dan menarik tergantung kebutuhan Anda. Selain itu, mereka terbiasa memberikan ide konten sejalan dengan perkembangan bisnis pada berbagai bidang. Sehingga, tidak hanya ide konten tetapi juga strategi memenangkan persaingan konten dengan cara yang canggih.

2. Membantu Strategi Pemasaran Digitalnya

Mempunyai konten Metaverse yang menjanjikan pengalaman imersif tidaklah cukup. Sebab berada di ranah digital, promosi melalui media sosial wajib dilakukan untuk menimbulkan efek viral. Penyedia jasa Metaverse yang profesional akan membantu dalam paket promosi demi paparan yang lebih baik dan efektif.

3. Memberikan Konsultasi Bisnis

Pemanfaatan teknologi Metaverse dapat secara efektif mendongkrak penjualan jika mengikuti saran dan strategi bisnis. Inovasi metaverse dapat melahirkan inovasi berupa strategi bisnis yang berbeda dari yang sekarang ada. Ini terkait dengan potensi bisnis yang dapat lahir dari pemakaian Metaverse. Atau, Anda bisa lebih mengeksplorasi ide bisnis turunan dari yang sudah dijalankan sekarang.

Berikut contoh ide usaha baru yang lahir dari Metaverse dan virtual reality Indonesia:

Teknik Pemasaran Baru

Di dalam dunia Metaverse, cara pemasaran baru dapat berupa iklan yang ditayangkan dalam game yang dimainkan dalam Metaverse. Agar lebih seru, buatlah karakter khusus yang menjadi maskot dan dimainkan di dalam game. Karakter khusus ini merupakan perwakilan brand bisnis Anda.

Ruang Kantor Virtual

Metaverse dan virtual reality Indonesia dapat menjadi kombinasi kreatif dan solutif untuk menciptakan lingkungan kantor virtual. Ide bisnis ini sangat pas di tengah pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Dengan kantor yang kondusif dan seru, siapa saja bisa bekerja dari rumah atau bahkan dari mana saja. Tentunya, untuk menyaksikan konten virtual reality diperlukan headset virtual reality.

Perjalanan Bisnis ke Seluruh Dunia

Di Metaverse, jarak seakan tidak ada. Anda bisa rapat bisnis dengan klien di berbagai belahan dunia tanpa perlu meninggalkan rumah atau kantor. Ide ini tentunya akan menghemat biaya transportasi dan akomodasi, bukan? Sebagai gantinya, gunakan anggarannya untuk mengembangkan teknologi Metaverse dan membeli headset virtual reality yang bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama.

Fasilitator Belajar dari Rumah

Metaverse juga membuka peluang usaha di bidang pendidikan. Terlebih dengan teknologi virtual reality, belajar akan menjadi jauh lebih seru dan menarik. Murid akan lebih cepat menyerap materi dan bahkan berinteraksi dengan guru secara langsung. Keuntungannya, murid dan guru bisa menghemat waktu dan uang untuk pergi dan berangkat ke sekolah dan tempat terkait aktivitas belajar lainnya.

Perusahaan Virtual Reality dan Metaverse di Indonesia


Semenjak teknologi VR dan AR mengemuka di dunia, berbagai perusahaan virtual reality dengan layananan pembuatannya pun ikut turut muncul di Indonesia. Terlebih, perusahaan virtual reality tersebut mampu menciptakan layanan untuk pengembangan bisnis dan menggaet lebih banyak konsumen dengan sentuhan teknologi berbasis digital.

Hadirnya perusahaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dengan layanan pengembangan bisnisnya dapat dimanfaatkan bagi Anda pemilik bisnis yang ingin meningkatkan performa bisnis yang berjalan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Cara Kerja AR, Jenis-jenis dan Contohnya

4 Manfaat Augmented Reality dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan

Augmented Reality Trend, Siap Mendorong Inovasi di Tahun 2022