Contoh Aplikasi Virtual Meeting untuk Menghidupkan Konferensi Anda

Siapa yang sering menghadiri rapat daring yang isinya cenderung membosankan? Aplikasi virtual meeting hadir untuk menghidupkan suasana rapat dengan teknologi imersif agar rapat benar-benar produktif.

Salah satu inovasi teknologi imersif untuk virtual meeting adalah Virtual Reality (VR). Sekarang ini, VR cepat menjadi standar baru bagi organisasi rapat tim dan konferensi seiring dengan semakin diterimanya budaya kerja dari jarak jauh.

Terdapat banyak platform VR yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan dan anggaran bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami membagikan enam contoh aplikasi virtual meeting beserta fitur unik mereka dan bagaimana Anda bisa mengakses masing-masing aplikasi tersebut.

Bagaimana VR mengubah masa depan rapat

Dari rapat tatap muka ke konferensi video dan sekarang VR, cara kita berkolaborasi terus berkembang. Rapat VR merupakan tren terakhir dalam dunia bisnis dengan berbagai platform yang muncul memfasilitasi jenis rapat ini. Bagian terbaik adalah potensi aplikasi VR dalam rapat kolaboratif yang secara virtual tidak terbatas dan saat ini kita hanya menggores permukaannya saja.

Tidak bisa disangkal bahwa rapat VR menawarkan level imersi yang mustahil bisa dilakukan dengan konferensi video tradisional. Saat Anda menggunakan headset VR, Anda dibawa ke lingkungan yang benar-benar berbeda dimana Anda bisa berinteraksi dengan yang lain seakan-akan mereka berada di depan Anda.

Level pembenaman ini dapat menorehkan perbedaan besar dalam mutu rapat sebab memungkinkan interaksi yang lebih alami dan spontan yang berujung pada rapat yang lebih interaktif.

Jika Anda ingin memberikan pengalaman yang lebih imersif ke tim Anda berikut enam platform VR untuk rapat tim.

1. Remio VR

Pernah mendengar pepatah “kerja terus tanpa main”? Remio VR memastikan Anda bisa melakukan keduanya! Remio menyediakan platform VR yang membuat penggunanya bisa mengadakan rapat VR, pelatihan, dan sesi gaming sehingga bagus untuk membangun dan mempererat hubungan mereka.

Selain itu, Remio VR mempunyai lingkungan kerja VR yang sangat bagus, seperti ruang dewan presentasi, ruang dewan pribadi, dan ruang bertema kerja lainnya sehingga Anda bisa memilih ruang rapat VR yang paling cocok dengan kebutuhan. Jangan lupa pula bahwa Remio VR mendukung saling berbagi file, whiteboard, dan pencatatan secara real-time sehingga platform ini sangat bagus untuk mendukung produktivitas. Anda bisa mendapatkan Remio VR di Oculus Quest.

2. Rec Room

Platform Rec Room VR kesemuanya tentang kolaborasi dan kreativitas serta menawarkan pengalaman VR yang sangat bagus bagi organisasi. Aplikasi virtual meeting ini condong ke pengalaman sosial VR dimana penggunanya bisa mengadakan dan menghadiri pertemuan VR, acara, atau pesta.

Rec Room adalah platform VR bagi Anda saat membutuhkan ruangan diskusi dalam ruang yang lebih informal. Bagian terbaik adalah Rec Room gratis dan bisa digunakan pada berbagai platform. Anda bisa mengaksesnya di Oculus, Android, dan iOS.

3. Horizon Workrooms

Dalam setiap Horizon Workrooms VR, pengalaman imersif dijamin akan memberikan tim Anda semangat kolaborasi lebih baik. Di sini, Anda bisa menulis di whiteboard dan catatan tempel menggunakan pointer VR. Anda bisa menyimpannya untuk pemakaian berikutnya.

Horizon Workrooms turut memfasilitasi pengguna untuk ikut serta dari headset VR mereka atau desktop. Alat dan fitur, seperti avatar yang ekspresif, teknologi pelacakan tangan, dan alat berbagi file dan layar, akan membuat rapat tim Anda menjadi menyenangkan. Anda bisa mengakses aplikasi virtual meeting ini di Oculus Quest sebagai permulaan.

4. Spatial VR

Suka dengan avatar realistis? Spatial VR memberikan lebih dari sekadar itu. Mungkin hal ini terdengar sepele tetapi banyak yang menganggapnya penting. Platform VR, seperti Spatial VR, menyediakan avatar VR yang fotorealistis yang mirip dengan Anda. Walhasil, Anda bisa merasakan pengalaman VR yang sebisa mungkin mirip dengan rapat tatap muka.

Mulai dari whiteboard hingga catatan tempel, obyek 3D dan lingkungan kerja interaktif, Spatial VR mempunyai fitur berguna yang akan membantu terciptanya rapat VR interaktif, mendorong ikatan tim lebih erat, dan membuat rapat tim super produktif. Anda bisa mengecek Spatial VR di Oculus Quest atau mengunduhnya di Android atau iOS.

5. MeetinVR

MeetinVR memberikan fleksibilitas dan pembenaman VR, yang bagus untuk rapat tim VR. Aplikasi virtual meeting ini membantu Anda mengimpor dan berbagi file secara mudah, yang berupa dokumen, gambar, dan obyek 3D dalam rapat VR.

Fitur papan putih atau whiteboard juga membantu dalam berdiskusi dengan tim Anda, mencatat, lalu menyimpannya untuk pemakaian di kemudian hari. Bagian terbaik dari platform ini adalah sifatnya yang sangat intuitif dan mengandung lingkungan kerja yang leluasa serta antar muka yang sangat mudah digunakan. Anda bisa memperoleh MeetinVR di Oculus Quest.

6. Engage

Sesuai dengan namanya, Engage VR memberikan ruang interaktif sehingga Anda benar-benar terlibat dalam rapat. Dengan fitur yang membantu kolaborasi dan komunikasi, seperti berbagai desktop, media streaming dan perekaman ruang, Engage VR menawarkan pengalaman rapat VR yang sungguh imersif dan produktif.

Apakah Anda mengadakan rapat profesional, sesi pendidikan, atau konferensi VR, Engage VR mempunyai fitur yang membuat tujuan tersebut berhasil dicapai. Engage VR bisa didapatkan di Oculus Quest, Android, dan iOS.

Kesimpulan

Dunia telah bergerak dari rapat tradisional ke VR. Saat ini, bisnis dan organisasi memanfaatkan keunggulan VR untuk meningkatkan produktivitas dan membawa kolaborasi tim ke level berikutnya.

Jika Anda pendidik atau profesional yang ingin membuat rapat tim lebih seru dan interaktif, silahkan menghubungi kami, MonsterAR. Kami telah berpengalaman lebih dari satu dekade menggarap berbagai proyek yang mengoptimalkan teknologi VR, Augmented Reality, dan Mixed Reality.

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Cara Kerja AR, Jenis-jenis dan Contohnya

4 Manfaat Augmented Reality dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan

Augmented Reality Trend, Siap Mendorong Inovasi di Tahun 2022