9 Game VR Horror yang Inovatif dan Memicu Adrenalin

Bermain game dua dimensi dengan genre horor sudah cukup membuat bulu bergidik. Pernah membayangkan bermain game VR horror dengan obyek dalam bentuk tiga dimensi? Sudah terbayang sensasi mencekam dengan adrenalin naik turun tiada henti?

Penggemar film atau game bergenre horror sudah pasti menantikan kenikmatan tersebut setiap kali bermain game jenis ini. Game bergenre horror memang tergolong jenis game dengan penikmat setia yang cukup besar. Seperti halnya film, game berbasis VR ini menawarkan kengerian yang seolah nyata sebab visual dibuat lebih nyata plus teknologi Virtual Reality (VR) dengan tingkat interaksi lebih berkualitas.

9 Game VR Horror yang Sayang Untuk Dilewatkan

1. Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil sudah populer di kalangan pecinta game dan film. Berkat ketenarannya, game Resident Evil 7: Biohazard mewujudkan mimpi gamers menjajal brand game klasik ini. Headset VR bakal melipatgandakan sensasi menegangkan sekaligus mencekam. Suara aneh, atmosfir menakutkan dapat ditangkap oleh headset VR untuk mengoptimalkan imajinasi Anda. Lokasi yang menyeramkan lengkap dengan makhluk aneh terasa lebih nyata berkat teknologi imersif ini.

Game ini sendiri mengajak Anda memainkan peran sebagai Ethan Winters yang berjuang keras mencari istrinya yang lenyap di daerah pertanian di negara bagian selatan Louisiana, AS. Plot cerita game ini begitu matang dalam pembuatannya. Dalam game VR ini, Anda akan mencurahkan segala upaya berkutat pada suatu lokasi dengan berbagai rahasia gelap. Selain mencari istri Ethan Winters, Anda juga akan memutar otak menemukan jawaban dari teka-teki ladang dan perkebunan di sekitarnya yang merupakan kepunyaan keluarga Baker. Aset tersebut telah menghilang bertahun-tahun tanpa penjelasan masuk akal.

2. Alien: Isolation

Sensasi horor tidak hanya melekat pada klenik atau sesuatu yang klasik. Dalam game VR horror ini, menjelajahi ruang angkasa dapat menghadirkan sensasi mencekam. Bukan setan atau hantu yang menemani melainkan Anda akan bertemu dengan makhluk asing yang di luar nalar manusia.

Game ini begitu hebat dalam menciptakan lingkungan futuristik dengan potensi bahaya dimana-mana. Sebagai pemain, Anda harus mempertimbangkan setiap langkah agar tidak berujung celaka.

Seperti halnya Resident Evil di atas, game Alien ini juga diadaptasi dari waralaba Alien. Sebagai putri Letnan Ripley, Amanda, Anda akan menjelajahi stasiun luar angkasa Sevastopol guna mengambil perekam penerbangan dari Nostromo, pesawat luar angkasa milik sang ibu yang sudah luluh lantak.

Alih-alih segera mendapatkan perekam yang dimaksud, Amanda justru menemukan stasiun tersebut dalam kondisi menyeramkan. Alien menduduki stasiun itu, membunuh warga dan menyebar ketakutan.

Sayangnya alien ini tidak bisa dibunuh. Sebagai pemain, Anda harus mencari cara mengelabuhi alien tersebut hingga misi tercapai. Alien: Isolation dalam format 2D telah dirilis pada 2014. Kini, Anda dapat memainkannya dengan memanfaatkan teknologi VR. Headset VR akan menjadikan pengalaman bermain game ini tidak terlupakan dengan sensasi ketakutan berasa nyata.

3. The Exorcist: Legion VR

Genre horor yang tidak kalah populernya adalah yang melibatkan dunia supranatural. Mendengar nama The Exorcist, ingatan Anda pasti langsung tertuju pada waralaba yang menyeramkan dengan melibatkan paranormal dan setan. The Exorcist: Legion VR akan menyulap Anda sebagai seorang penyelidik paranormal yang bertugas mencari jawaban atas teka-teki yang sulit.

Game VR horror ini sendiri mengambil ide dari novel buatan William Peter Blatty, yang turut menyusun skenario untuk film klasik The Exorcist. Dengan menyelam masuk ke dalam game ini, bersiaplah Anda menjadi seorang polisi Boston, AS, yang bekerja memecahkan kasus supernatural, bertatap muka dengan hantu, dan meneliti pola tingkah seorang pengusir setan.

Teknologi VR bakal bersinar maksimal dalam game ini. Anda betul-betul akan tenggelam dalam pengalaman imersif yang membentang dalam lima episode. Setiap episode menawarkan pengalaman berbeda dengan tentunya mendukung keseluruhan ide cerita. Sebelum menjajal game ini, bayangkan Anda harus mendatangi gereja berdarah, rumah sakit jiwa, loteng super menakutkan, daerah karantina terkontaminasi, serta situs penggalian.

Sebagai bekal, Anda akan memakai alat pengusir setan, seperti salib dan air suci. Dua alat ini juga berguna untuk mengatasi halusinasi. Meski hanya 30 menit setiap episodenya, teknologi VR akan membuat per episode kental dengan ketakutan yang melekat lama dalam ingatan.

4. FNAF VR: Help Wanted (Five Nights at Freddy’s VR: Help Wanted)

Robot tidak selalu identik dengan kesan futuristik saja. Game ini terbilang unik sebab mengetengahkan genre horor animatronik, yang berarti memanfaatkan robot untuk menirukan suara manusia atau hewan menakutkan. Perpaduan robot dengan elemen horor menjadikan sensasi bergidik maksimal dengan teknologi VR.

Game ini merupakan bagian dari serial Five Nights at Freddy’s dimana setiap sajian menguji kesehatan jantung Anda. Pada 2014, seri game ini diluncurkan untuk PC. Tak butuh waktu lama game ini mencapai status kultus di YouTube lantaran berhasil memberikan pengalaman seram yang spesial. Sedangkan untuk Help Wanted ini, Anda dapat merasakan sendiri transfer mekanisme permainan secara nyata melalui headset VR dengan pencelupan optik dan interaksi tangan.

Di sini, Anda bertugas mengawasi restoran pizza. Yang jadi persoalan, robot di dalam game ini saat malam hari berubah menjadi hewan liar. Mereka menyerang manusia dan merusak kedamaian di sekitar restoran.

Sebagai petugas restoran, Anda duduk di ruang kontrol lalu menirukan gerakan animatronik dengan kamera keamanan. Bagaimana caranya Anda harus mengamankan keselamatan orang di sekitar restoran itu. Game ini sarat dengan kaget yang menakutkan sehingga mungkin tidak cocok bagi semua orang.

5. The Walking Dead: Saints & Sinners

Berbicara tentang game VR horror, jangan lewatkan zombie. Makhluk yang khas dengan darah ini tidak luput menjadi bahan garapan orang di balik The Walking Dead: Saints & Sinners. Game ini pada intinya meminta Anda untuk berjuang bertahan hidup di tengah ancaman zombie dan makhluk seram lainnya.

Meski kental dengan zombie, game ini bukanlah game zombie. Mengambil lokasi di New Orleans, AS, game ini mengambil cerita dari buku komik, serial televisi, dan adaptasi video game Telltale.

Gamers di sini bakal merasakan atmosfir yang tampak sungguhan berkat teknologi VR. Karakter terlihat bak hidup dengan kisah yang menarik membuat game ini tergolong menjadi game horor terbaik dan terlengkap.

6. Propagation: Paradise Hotel

Sama-sama berkutat dengan ide bertahan hidup, Propagation: Paradise Hotel mengajak Anda mengatasi makhluk menyeramkan sambil mencari solusi keluar dari hotel aneh. Disebut hotel yang aneh sebab di sini terdapat berbagai zombie dan teka-teki sulit yang menuntut jawaban agar bisa tetap hidup.

Game VR horror ini mengambil ide cerita dari demo PC VR yang sudah terlebih dahulu terkenal dan gratis. Kisahnya sendiri dalam game ini telah berbeda cukup jauh dari aslinya. Jadi Anda layak untuk mencoba dan membuktikan sendiri isi dari game ini.

7. Until Dawn: Rush of Blood

Genre game horor tidak melulu soal darah, sensasi menyeramkan, atau gempuran kaget di sana dan di sini. Until Dawn: Rush of Blood menyediakan pilihan lain yakni merasakan aliran adrenalin yang berpacu kencang tiada henti.

Game ini layak Anda mainkan sebab memasukan unsur horor dengan shooter game dan atraksi roller coaster yang bisa membuat jantung berdegup kencang. Kami menyarankan Anda yang mempunyai riwayat jantung untuk berhati-hati sebab game ini bisa membuat Anda terkaget-kaget. Dari segi visual, game ini mempunyai grafis, pencahayaan, dan suara yang begitu bagus. Until Dawn: Rush of Blood tersedia di konsol PlayStation VR.

8. Into the Radius

Game ini telah mengantongi reputasi positif hingga lebih dari 90 persen di Steam dan meraih hampir bintang lima penuh di Quest Store. Masih dengan fokus seputar bertahan hidup, Into the Radius menyajikan monster menakutkan, ekskursi surealis dengan taburan anomali ruang dan waktu, serta bangunan terapung yang mengandung sejumlah fitur atmosfer. Bayangkan kesemuanya tersaji dengan bantuan teknologi VR!

Begitu hidup dan imersif, sebagai pemain Anda wajib seperti bertarung secara nyata agar bisa bertahan hidup. Mereka harus meminyaki bagian senjata lalu membersihkannya memakai sikat dan handuk kertas. Cara seperti ini akan memastikan senjata bisa bekerja efektif untuk menangkis serangan musuh. Game ini sungguh menawarkan sensasi menjadi pahlawan bagi diri sendiri.

9. Cosmodread

Veteran VR, Sergio Hidalgo, mengembangkan Cosmodread pada 2013 dengan Dreadhalls. Inti dari game ini adalah seputar terdamparnya gamers ke pesawat ruang angkasa yang terbengkalai tanpa penghuni. Anda nantinya mesti mencari jalan kembali ke Bumi dengan menjelajahi patung raksasa besi. Sembari dalam misi kembali ke Bumi, Anda akan mendapatkan pesan dari kru untuk mengetahui apa yang membuat mereka menghilang tanpa jejak.

Itulah sembilan game VR horror yang bukan hanya menghadirkan sensasi takut melainkan menguji daya tahan dan kecerdasan Anda tahun ini. Mana yang akan Anda coba setelah membaca artikel ini?

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Cara Kerja AR, Jenis-jenis dan Contohnya

4 Manfaat Augmented Reality dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan

Augmented Reality Trend, Siap Mendorong Inovasi di Tahun 2022