Manfaat Teknologi Web AR, Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Customer Relationship Management (CRM) memegang kunci lebih besar bagi bisnis apapun untuk tetap kompetitif. Teknologi web AR belakangan mulai dilirik berbagai lini bisnis untuk mengangkat hubungan dengan calon konsumen dan pelanggan yang sudah ada ke level yang lebih berkelas.

Konsumen mana saja akan lebih condong menggunakan jasa atau produk yang semakin mempermudah sekaligus menambahkan nilai untuk mereka nikmati. Beberapa sektor yang gencar difokuskan adalah meningkatkan level interaksi dan kepraktisan.

Saat ini, hampir seluruh bisnis memilih pengunduhan aplikasi. Sementara hal ini memang memudahkan pemesanan tetapi terlalu banyak aplikasi menyedot data dan kuota Internet pengguna. Belum lagi, visual masih bersifat satu arah, yakni dari brand ke konsumen.

Teknologi web AR hadir sebagai solusi untuk membuktikan inovasi berbasis teknologi imersif untuk dunia usaha terus berkembang. Nah, apa dan bagaimana terkait teknologi ini kami jelaskan di bawah ini!

Pengertian teknologi web AR

Secara singkatnya, teknologi web AR adalah AR berbasis online. Augmented Reality (AR) alias kenyataan berimbuh adalah teknologi yang membaurkan elemen digital dengan lingkungan nyata. Ciri khas teknologi AR adalah jika Anda melihat ada konten digital, seperti visual atau teks, di atas lingkungan nyata.

Sehingga, teknologi web AR berarti Anda bisa mengakses konten AR cukup dari perangkat genggam, seperti smartphone atau tablet. Sudah banyak perangkat genggam yang mendukung web AR berkat pesatnya perkembangan teknologi dan harganya yang kian terjangkau.

Teknologi ini menguntungkan baik bagi konsumen dan brand. Bagi konsumen, mereka bisa menikmati pengalaman seru dan interaktif dengan harga yang tidak lagi mahal. Sedangkan bagi brand, level mengingat brand mereka menjadi lebih lama tentunya tergantung bagaimana brand mengeksekusi ide kreatif menjadi konten digital yang kreatif.

Daya pikat web AR

Teknologi web AR unggul dari segi potensi pemakaiannya yang bisa masif. Berbagai perangkat digital sudah mendukung, yakni laptop, ponsel, dan tablet. Pengguna tinggal memilih mana yang membuat mereka paling merasa nyaman.

Seperti disinggung di atas, web AR tidak membutuhkan pengunduhan atau pengaturan aplikasi tertentu. Ini tentunya kabar baik bagi pengguna dengan ponsel cerdas berkapasitas RAM terbatas. Mereka tetap bisa menikmati konten digital berbasis AR tanpa harus boros ruang penyimpanan.

Meski relatif irit dari segi ruang penyimpan, bukan berarti mutu konten dalam web AR asal-asalan. Pengalaman AR yang imersif tetap bisa disaksikan oleh siapa saja. Setiap pengunjung web AR dapat berinteraksi dengan kontennya sehingga berselancar terasa beda dari web yang pernah ada sebelumnya.

Penggunaan teknologi web AR di berbagai bisnis

Prinsip utama web AR adalah mengajak pengunjung untuk berinteraksi dengan konten di dalamnya tanpa ribet. Kepraktisan dan keseruan ini dapat meningkatkan daya jangkau brand yang membuatnya. Taktik ini menjadi jalan pintas efektif untuk mempertahankan daya ingat brand di benak setiap pengunjung. Ini pulalah yang sekaligus menjadi strategi brand awareness.

Situs web AR online dapat beroperasi secara maksimal pada platform Android, iOS, Windows, dan Mac. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi web AR? Berikut contohnya:

1. Bidang pendidikan

Web AR dapat mempermudah sekaligus menambahkan daya ingat murid terhadap bahan yang mereka pelajari. Tidak semua siswa dapat mencerna teks panjang dengan teori rumit. Teknologi AR bisa mengubah materi yang sulit tersebut menjadi visual menarik atau grafik untuk mempercepat pemahamannya. Murid tinggal mengelik bahan pelajaran yang dimaksud lalu visual akan hadir untuk menjelaskannya.

2. Bidang pemasaran dan periklanan

Persaingan di sektor pemasaran digital membuahkan tantangan bagi brand untuk terus berinovasi. Saat ini, mengunggah tulisan atau video statis di akun media sosial tidak lagi cukup. Konten interaktif dan imersif akan lebih unggul sebab secara lebih cepat menangkap perhatian pengunjung akun tersebut, lama menikmati kontennya, bahkan memudahkan terciptanya potensi viral marketing.

Contohnya, konsumen dapat menggunakan kamera perangkatnya untuk melihat produk secara lebih jelas atau menjajal barang secara virtual layaknya datang ke toko fisik. Ini dapat mengurangi potensi penyesalan saat benar-benar membeli produk tersebut.

3. Bidang pariwisata

Teknologi web AR dapat memperkaya pengalaman calon turis terhadap suatu tempat. Sebelum mengunjungi lokasi wisata atau saat berada di sana, mereka bisa mempelajari sejarah lokasi wisata itu cukup dengan mengaktifkan teknologi web AR. Bagi pengelola tempat wisata, mereka bisa memanfaatkan metode ini untuk memberikan nilai tambah berupa interaksi ekstra kepada wisatawan. Pengunjung bisa mengetahui lebih banyak tentang obyek wisata lalu membagikan pengalaman mereka ke media sosial dengan imbuhan konten digital yang unik.

4. Bidang desain dan arsitektur

“Menghidupkan” desain dalam model 3D menjadi cara jitu untuk memudahkan desainer dan arsitek menyampaikan maksud karya mereka ke publik. Mulai dari bangunan gedung hingga desain interior, web berbasis AR bisa menampilkan informasi di dekat rancangan aslinya. Tidak hanya lebih lengkap, desain dapat terlihat oleh siapa saja.

5. Bidang e-commerce

Selama ini, belanja daring masih terasa kurang seru sebab mayoritas penyedia jasanya hanya menampilkan foto dan video produk. Calon konsumen hanya bisa mengeklik visual tersebut lalu membaca deskripsi produk sebelum memutuskan membelinya atau tidak.

Teknologi web AR dapat menjadikan pengalaman belanja daring lebih menarik sebab produk terlihat lebih nyata dan dalam tampilan penuh. Calon konsumen akan memperoleh informasi lebih banyak sebelum memutuskan membelinya. Cara ini dapat membantu mengurangi tingkat pengembalian produk.

6. Bidang hiburan

Sekarang tidak perlu harus menghadiri konser secara fisik jika waktu tidak memungkinkan. Sebagai pelaku event organizer, Anda bisa menawarkan pilihan konser daring atau acara lainnya secara daring dengan pengalaman yang tidak kalah seru dibandingkan dengan menghadirinya secara langsung. Melalui web AR, konser virtual, misalnya, terlihat lebih nyata dengan visual dalam bentuk 3D. Teknologi di dalamnya juga membuat interaksi terasa riil. Tidak hanya untuk konser virtual, web AR bisa dilakukan pada game atau acara lainnya.

Sekilas tentang cara kerja web AR

Kunci kerja web AR terletak pada sensor yang berada di dalam ponsel, tablet, atau komputer. Bentuknya adalah chip mini yang bekerja untuk menginformasikan prosesor di komputer atau ponsel. Sensor inilah yang memberitahu lokasi, kamera, giroskop, dan hal lainnya. Pengembang teknologi web AR memanfaatkan sensor ini guna melacak konten digital di dunia nyata.

Standar untuk dipenuhi perangkat pendukung web AR

Pengguna web AR wajib memenuhi standar agar bisa menikmati pengalaman 3D dan interaksi mulusnya. Berikut standar dalam perangkat pendukung web AR yang dimaksud:

1. Enam derajat kebebasan

Enam derajat kebebasan adalah istilah yang merujuk pada bebasnya benda bergerak dalam ruang 3D. Angka enam di sini benar-benar berarti enam aspek peletakan obyek sebagai syarat agar AR bisa membuat pengalaman digital.

Web AR wajib mengantongi izin dari ponsel guna memakai tiga sumbu orientasi dan tiga posisinya. Setelah izin didapat, Anda bisa meletakkan obyek apa saja ke dalam lingkungan nyata sehingga terlihat sungguhan.

2. Kamera

Pengalaman AR sangat bergantung pada kualitas kamera. Ia berfungsi untuk memberikan masukan dunia nyata agar bisa melapisi pengalaman AR di atasnya. Jadi, sebagai pengguna, pastikan kamera dalam perangkat genggam Anda memang bagus karena itu yang akan menentukan optimal atau tidaknya pengalaman AR nantinya.

3. Framework web AR

Kerangka kerja atau framework sudah pasti ada dalam web AR sebab aspek ini menyediakan fungsi AR sedari awal. Pengembang web AR atau AR berbasis aplikasi membutuhkan framework untuk memudahkan mereka membuat pengalaman AR. Contoh framework yang bagus adalah ARKit, React VR, dan A-Frame. Masing-masing dari framework tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya.

MonsterAR, Mitra Terpercaya untuk Web AR Berkualitas

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, kami siap mewujudkan keinginan Anda membuat web AR yang interaktif dan ramah ke pengguna. Kami mempunyai tim yang berdedikasi untuk sektor kreatif, teknologi, dan bisnis, sehingga solusi bisa menyeluruh agar target bisnis atau organisasi lebih cepat tercapai. Silahkan cek portofolio kami sebelumnya untuk mengetahui mutu kerja kami dari klien sebelumnya. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Cara Kerja AR, Jenis-jenis dan Contohnya

4 Manfaat Augmented Reality dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan

Augmented Reality Trend, Siap Mendorong Inovasi di Tahun 2022